Minggu, 24 Oktober 2010

PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, SIKAP DAN PEMBELAJARAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KEMASAN MEREK “TEH BOTOL SOSRO" DI KAWASAN DEPOK

Mashadi

Kp.Sindangkarsa RT 03/015 Sukamaju Baru Cimanggis Depok

mashadi_cmg@yahoo.co.id

ABSTRAK

Tidak banyak produk Indonesia yang begitu membanggakan dan mampu eksis di

tengah gempuran produk asing di tengah persaingan usaha saat ini. Salah satu produk

membanggakan itu adalah Teh Botol Sosro. Bertahannya produk minuman kemasan “Teh

Botol Sosro" hingga saat ini, menunjukkan bahwa produk tersebut mempunyai keunikan

tersendiri sehingga tetap diminati konsumen.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, sikap dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian. Obyek analisis penelitian ini adalah konsumen minuman kemasan merek Teh Botol Sosro yang berada di kawasan Depok.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa pertama motivasi, persepsi, sikap dan

pembelajaran konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian

minuman kemasan merek Teh Botol Sosro. Kedua ada perbedaan yang nyata antara

pendapat dan harapan konsumen tentang keputusan pembelian. Manfaat penelitian ini dapat dipakai sebagai informasi dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan melalui perilaku konsumen.

Kata kunci : Motivasi, Persepsi, Sikap, Pembelajaran dan Keputusan Pembelian

PENDAHULUAN

Dalam kompetisi global seperti dewasa ini, konsumen cenderung untuk mempunyai lebih

banyak keinginan. Selera konsumen terhadap minuman dalam kemasan juga ikut berkembang. Minuman sekarang tidak sekedar memenuhi kebutuhan fisiologis semata, tapi telah berkembang jauh dengan munculnya minuman-minuman kemasan, seperti Coca-cola, Aqua, Teh Botoh Sosro, dan lain sebagainya adalah untuk memenuhi selera konsumen. Menurut Kotler (2002) dalam meningkatkan persaingan masing-masing perusahaan harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah-ubah.

Pada masa-masa awal peluncurannya, Teh Botol Sosro tidak banyak dilirik oleh konsumen, tapi kemudian perlahan tapi pasti produk Teh Botol Sosro mulai mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Terlebih ketika slogan “Apapun makannya, minumnya Teh Botol Sosro” dimunculkan. Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan. Keunikan dapat dilihat dari metode pemasaran Teh Botol Sosro adalah pada kekakuan dari produk itu sendiri. Semenjak diluncurkan pada tahun 1970, produk Teh Botol Sosro baik rasa, kemasan, logo maupun penampilan tidak mengalami perubahan sama sekali, bahkan ketika perusahaan multinational Pepsi dan Coca-cola masuk melalui produk teh Tekita dan Frestea, Sosro tetap tidak bergeming.

Bertahannya produk minuman kemasan “Teh Botol Sosro" hingga saat ini, menunjukkan

bahwa produk tersebut mempunyai keunikan tersendiri sehingga tetap diminati konsumen. Hal inilah yang memicu penulis ingin mengetahui apa yang memengaruhi konsumen Teh Botol Sosro tetap memutuskan membeli Teh Botol Sosro, yang terutama yang berasal dari dalam diri konsumen itu sendiri ditengah banyaknya tawaran produk-produk baru dengan aneka rasa dan kemasan yang unik-unik. Faktor-faktor perilaku konsumen tersebut diantaranya dapat diuraikan pada faktor psikologis, meliputi: motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap konsumen dalam melakukan pengambilan keputusan pembelian. Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap minuman dalam kemasan dan meningkatnya persaingan untuk merebut konsumen maka penulis tertarik untuk meneliti "Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap dan Pembelajaran Konsumen terhadap Keputusan Pembelian minuman kemasan merek “Teh Botol Sosro" di kawasan Depok”.

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut:

Motivasi, persepsi, sikap dan pembelajaran konsumen dapat memberi pengaruh kepada

konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian minuman kemasan merek “Teh Botol Sosro" di Kawasan Depok. Perbedaan antara pendapat dengan harapan konsumen dapat terjadi dalam pengambilan keputusan pembelian minuman kemasan merek “Teh Botol Sosro" di Kawasan Depok.

Tujuan penelitian yang diharapkan oleh peneliti adalah Mengetahui dan menganalisis

pengaruh motivasi, persepsi, sikap dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan

pembelian dan mengetahui apakah terdapat perbedaan antara pendapat dengan harapan

konsumen tentang keputusan pembelian minuman kemasan merek “Teh Botol Sosro” di

kawasan Depok

Kajian Penelitian Sejenis

Penelitian terdahulu dilakukan oleh Dewi Urip Wahyuni (2008); tentang pengaruh

motivasi, persepsi dan sikap konsumen Dari hasil penelitian diketahui bahwa motivasi

terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Kawasan Surabaya Barat.

METODE PENELITIAN

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah serta karakteristik obyek yang diteliti

dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif. Penelitian ini berdasarkan fakta yang

ada di masyarakat tentang keputusan pembelian minuman kemasan yaitu minuman

kemasan merek Teh Botol Sosro di kawasan Depok.

Jenis data yang digunakan adalah data interval, dinyatakan dalam angka mulai dari skala

terkecil sampai dengan yang terbesar, selain itu mempunyai jarak yang sama antara angka yang satu dengan angka yang lainnya (1= sangat tidak setuju, 2 = tidak setuju, 3 = netral, 4 = setuju, 5 = sangat setuju). Sedangkan sumber data yang digunakan adalah bersifat primer. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden di Kawasan Depok yang terdiri dari enam kecamatan yaitu Pancoran Mas, Beji, Sukmajaya, Cimanggis, Sawangan, dan Limo.

Identifikasi variabel

Variabel bebas ( Independent Variable), ada empat yaitu :

- Motivasi Konsumen (X1)

- Persepsi Konsumen (X2)

- Sikap Konsumen(X3)

- Pembelajaran Konsumen (X4)

Variabel terikat (Dependent Variable ) yaitu

- Keputusan Pembelian (Y)

Gambar 1. Kerangka Konseptual

Definisi Operasional

Motivasi Konsumen : Adalah kekuatan penggerak dalam diri konsumen yang

memaksa bertindak untuk memenuhi apa yang diinginkan atau dibutuhkan.

Persepsi Konsumen : Tanggapan konsumen terhadap keberadaan suatu obyek atau

produk yang menjadi pilihannya.

Sikap Konsumen : Penilaian evaluatif konsumen terhadap suatu obyek atau produk

yang diminati

Pembelajaran konsumen: Pembelajaran menunjukkan perilaku seseorang karena

pengalaman. Pembelajaran terjadi melalui saling pengaruh antara dorongan, stimulan, cues, tanggapan dan penguatan.

Keputusan Pembelian : Pilihan akhir yang dilakukan oleh konsumen dalam memenuhi

keinginan atau kebutuhannya

Prosedur penarikan sampel dilakukan dengan Teknik Accidental Sampling yaitu teknik

penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan

peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Jumlah sampel menggunakan sample besar yaitu > 30 (Djarwanto, 1999) yaitu 200 orang. Menurut Nazir (1998) jumlah sample ditetapkan atas pertimbangan pribadi, dengan catatan bahwa sampel tersebut cukup mewakili populasi dengan pertimbangan biaya dan waktu.

Teknik analisa data

Untuk perhitungan statistic dalam penelitian ini menggunakan program SPSS, adapun

teknik analisa data diantaranya digunakan model validitas dan reliabilitas, analisa

deskriptif, koefisien determinasi berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien korelasi

parsial dan uji beda t-paired.

Model validitas digunakan untuk mengetahui kemampuan indikator-indikator suatu

konstruk (variabel laten) untuk mengukur konstruk tersebut secara akurat. Reliabilitas

(keandalan) digunakan untuk mengukur suatu kestabilan dan konsistensi responden dalam menjawab hal-hal yang berkaitan dengan konstruk-konstruk pertanyaan yang merupakan dimensi suatu variabel dan disusun dalam suatu bentuk kuesioner.

Tujuan utama dalam statistik deskriptif adalah berusaha menjelaskan atau menggambarkan berbagai karakteristik data yang teliti dan didasarkan pada pernyataan keadaan.

Koefisien determinasi berganda merupakan suatu langkah penting dalam analisis regresi

yang gunanya menentukan betapa baiknya garis regresi yang mewakili data. Artinya kita

ingin menentukan bagaimana garis regresi cocok dengan data yang akan kita analisis.

Koefisien korelasi berganda atau uji F yaitu untuk menguji keberartian/signifikansi regresi secara keseluruhan. Koefisien korelasi parsial melalui uji t bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variabel independen atau bebas secara individual (parsial) terhadap variabel dependen atau tidak bebas.

Uji t-paired digunakan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan rata-rata dua sampel

bebas. Dua sampel yang dimaksud disini adalah sampel yang sama namun mengalami

proses pengukuran maupun perlakuan yang berbeda.

PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

Hasil uji validitas dan reliabilitas

Dari pengujian validitas dan reliabilitas variabel dapat diketahui bahwa nilai alpha positif

dan lebih besar dari nilai kritis r product moment pada signifikansi 0,05 dengan nilai r tabel = 0.1843. Berikut adalah hasil uji validitas yang dilakukan secara pervariabel dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Hasilnya adalah variabel motivasi ada empat pertanyaan valid dari empat pertanyaan, variabel persepsi ada tiga pertanyaan valid dari empat pertanyaan, variabel sikap ada empat pertanyaan valid dari empat pertanyaan,

variabel pembelajaran ada tiga pertanyaan valid dari empat pertanyaan, keputusan

pembelian ada tiga pertanyaan valid dari empat pertanyaan. Sedangkan dalam uji reliabitas hasilnya koefisien conbach alpha lebih besar dari nilai r tabel, artinya masing-masing variabel tidak ada yang tidak reliable dan dapat digunakan untuk analisis selanjutnya.

Tabel 1. Uji Reliabilitas

No

Variabel

Cronbach Alpha

Nilai r tabel

Kesimpulan

1

Motivasi

0.660

0.1843

Reliabel

2

Persepsi

0.612

0.1843

Reliabel

3

Sikap

0.609

0.1843

Reliabel

4

Pembelajaran

0.654

0.1843

Reliabel

5

Keputusan pembelian

0.669

0.1843

Reliabel

Sumber: Olahan komputer

Analisa Deskriptif

Secara keseluruhan untuk melihat posisi dimana tingkat penilaian dapat dilihat melalui

skala interval berkut ini,

Sangat Tidak Setuju

Tidak Setuju

Netral

Setuju

Sangat Setuju

0 3400 6800 10200 13600 17000

Diketahui total variabel memiliki total bobot sebesar 12839, dimana angka tersebut terletak pada posisi setuju. Maka dapat disimpulkan bahwa konsumen setuju terhadap varibel motivasi, persepsi, sikap, dan pembelajaran mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian Teh botol Sosro di kawasan Depok.

Hasil Regresi

Tabel 2. Regresi

Variabel

Uji F

Uji T

R

Adj.R2

F.Hitung

F.Tabel

F.Sig

T.Hitung

T.Tabel

T.Sig

Motivasi

38.231

2.650

0.000

0.815

1.972

0.416

0.663

0.000

Persepsi

2.106

0.036

Sikap

5.675

0.000

Pembelajaran

3.917

0.000

Keputusan Pembelian

2.981

0.003

Sumber : Olahan Komputer

Tampak pada tabel di atas bahwa koefisien determinasi (Adj.R2) sebesar 0,428 yang berarti bahwa 42,8% variabelitas varibel keputusan pembelian dapat diterangkan oleh variable bebas atau prediktornya yaitu motivasi, persepsi, sikap, dan pembelajaran, sedangkan sumbangan dari variabel lain sebesar 57,2%, misalnya dari faktor pribadi yang meliputi gaya hidup dan kepribadian atau faktor sosial yang meliputi peran, status, dan sebagainya.

Sedangkan koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,663 dapat diartikan bahwa antara

variabel motivasi, persepsi, sikap dan pembelajaran konsumen secara signifikan

mempunyai hubungan yang positif terhadap keputusan pembelian dengan Standart Error of Estimate (SEE) adalah 1,438. Dimana makin kecil SEE akan membuat model persamaan semakin tepat dalam memprediksi variabel dependen.

Dari uji Anova atau F test, dengan menggunakan signifikan (α) = 5 % diperoleh nilai F

hitung 38,231 lebih besar dari nilai F tabel 2,650 jadidapat disimpulakan bahwa secara

bersama-sama berpengaruh secara signifikan variabel motivasi, persepsi, sikap dan

pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukkan bahwa faktor motivasi, persepsi, sikap dan pebelajaran memiliki peranan yang cukup penting bagi konsumen dalam mempengaruhi keputusan pembelian minuman kemasan merek teh botol sosro.

Dari uji parsial atau T-Test dapat dijelaskan sebagai berikut;

a. Nilai constant (konstanta) dengan signifikan (α) = 5 % diperoleh t-hitung 0.815

lebih rendah dari t tabel 1.972, artinya nilai konstanta tidak berpengaruh secara

signifikan terhadap keputusan pembelian, karena nilai konstanta tidak berkaitan

langsung dengan nilai keputusan pembelian konsumen.

b. Variabel X1 (motivasi) dengan signifikan (α) = 5 % diperolehi t-hitung 2.106 lebih besar dari t tabel 1.972, artinya variabel motivasi konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan motivasi

memberikan pengaruh kepada konsumen atau dijadikan pertimbangan dalam

melakukan pembelian minuman Teh botol Sosro.

c. Variabel X2 (persepsi) dengan signifikan (α) = 5 % diperoleh t-hitung 5.675 lebih besar dari t tabel 1.972, artinya variabel persepsi konsumen berpengaruh secara

signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini juga menunjukkan persepsi

dijadikan pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pembelian minuman

kemasan merek Teh botol Sosro.

d. Variabel X3 (sikap) dengan signifikan (α) = 5 % diperoleh t-hitung 3.917 lebih

besar dari t tabel 1.972, artinya variabel sikap konsumen berpengaruh secara

signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan sikap dijadikan

pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pembelian minuman kemasan The botol Sosro.

e. Variabel X4 (pembelajaran) dengan signifikan (α) = 5 % diperoleh t-hitung 2.891 lebih besar dari t tabel 1.972, artinya variabel pembelajaran konsumen berpengaruh

secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan pembelajaran juga dijadikan pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan pembelian minuman kemasan Teh botol Sosro

Uji T-Paired

Perbandingan secara menyeluruh

Tabel 3. T-Paired secara keseluruhan

Pair

Corellation

Sig.

T.Hitung

T.Tabel

Sig. ( 2 – tailed)

Pendapatan - harapan

0.660

0.000

-6.479

1.653

0.000

Sumber: Olahan komputer

Hasil korelasi atara kedua variabel diketahui dari tabel 3 yaitu 0.660 dengan nilai

probabiltas 0.000 di atas 0.5, hal ini menyatakan bahwa korelasi antara pendapat dan

harapan konsumen positif dan signifikan. Ini menunjukkan antara pendapat dan harapan

konsumen ada keterikatan yang positif dalam memutuskan pembelian minuman Teh botol Sosro. Sedangkan nilai t-hitung diketahui (nilai mutlak +/-) 6.479 lebih dari t-tabel 1.653 dan nilai sig (2 tailed) 0.000 kurang dari 0.05 level of significant (α), maka dapat

disimpulkan bahwa ada perbedaan secara nyata antara pendapat dan harapan konsumen

tentang minuman kemasan Teh Botol Sosro. Perbedaan tersebut disebabkan konsumen

memiliki harapan yang lebih tinggi terhadap minuman kemasan merek Teh Botol Sosro

dari kondisi yang saat ini. Adanya perbedaan menunjukkan masih ada yang perlu dilakukan produsen untuk meningkatkan layanan, misalnya dengan menyempurnakan produksi dan distribusi minuman Teh botol Sosro guna memenuhi harapan konsumen tersebut.

Perbandingan per variabel

Tabel 4. T-Paired secara per variabel


perbedaan

correlation

sig.

t hitung

t tabel

sig. (2-tailed)

pair 1

x1-harx1

0.787

0.000

-4.666

1.653

0.000

pair 2

x2-harx2

0.700

0.000

-3.095

1.653

0.000

pair 3

x3-harx3

0.579

0.000

-5.084

1.653

0.000

pair 4

x4-harx4

0.445

0.000

-3.974

1.653

0.000

pair 5

x5-harx5

0.623

0.000

-3.643

1.653

0.000






Sumber: Olahan komputer

Hasil korelasi antara kedua variabel dapat dilihat pada tabel 4. Dengan tinggkat signifikansi (α) = 5 % tabel tersebut menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara pendapat dan harapan terjadi semua variabel yang ada, dimana pada variabel x1 (motivasi) nilai korelasinya yang paling tinggi yaitu 0.787, diikuti x2 (persepsi) 0.700, y (keputusan pembelian) 0.623, variabel x3 (sikap) 0.579 dan terkecil terjadi pada variabel x4 (pembelajaran) sebesar 0.445. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara

pendapat dan harapan konsumen sangat erat dan positif.

a. Diketahui nilai t-hitung (nilai mutlak +/-) 4.666 > t-tabel 1.653 dan nilai sig (2

tailed) 0.000 <>level of significant (α), maka dapat disimpulkan bahwa ada

perbedaan antara pendapat dengan harapan konsumen tentang motivasi konsumen

dalam memilih minuman kemasan merek Teh Botol Sosro. Hal menunjukan masih

ada jarak antara keadaan yang nyata dengan harapan konsumen perihal motivasi

dalam memutuskan melakukan pembelian minuman kemasan Teh botol Sosro.

Motivasi dalam diri penting karena terbukti mempengaruhi konsumen dalam

melakukan pembelian.

b. Diketahui nilai t-hitung (nilai mutlak +/-) 3.095 > t-tabel 1.653 dan nilai sig (2

tailed) 0.002 <>level of significant (α), maka dapat disimpulkan bahwa ada

perbedaan antara pendapat dengan harapan konsumen tentang persepsi konsumen

dalam memilih minuman kemasan merek Teh Botol Sosro hal ini dapat diartikan

harapan dari persepsi konsumen masih ada yang belum tercapai, sehingga masih

perlu ada upaya yang lebih dari produsen untuk meningkatkan persepsi konsumen

terhadap minuman Teh botol Sosro.

c. Diketahui nilai t-hitung (nilai mutlak +/-) 5.084 > t-tabel 1.653 dan nilai sig (2

tailed) 0.000 <>level of significant (α), maka dapat disimpulkan bahwa ada

perbedaan antara pendapat dengan harapan konsumen tentang sikap konsumen

dalam memilih minuman kemasan merek Teh Botol Sosro. Hal dapat diartikan

harapan dari sikap konsumen masih ada yang belum tercapai, sehingga masih perlu

ada upaya yang lebih dari produsen untuk meningkatkan pembentukan sikap

konsumen terhadap minuman kemasan Teh botol Sosro.

d. Diketahui nilai t-hitung (nilai mutlak +/-) 3.974 > t-tabel 1.653 dan nilai sig (2

tailed) 0.000 <>level of significant (α), maka dapat disimpulkan bahwa ada

perbedaan antara pendapat dengan harapan konsumen tentang pembelajaran

konsumen dalam memilih minuman kemasan Teh Botol Sosro. Hal ini dapat

diartikan harapan dari pembelajaran konsumen masih ada yang belum tercapai,

sehingga masih perlu ada upaya yang lebih dari produsen untuk memberikan

pembelajaran yang lebih baik kepada konsumen terhadap minuman kemasan Teh

botol Sosro.

e. Diketahui nilai t-hitung (nilai mutlak +/-) 3.643 > t-tabel 1.653 dan nilai sig (2

tailed) 0.000 <>level of significant (α), maka dapat disimpulkan bahwa ada

perbedaan antara pendapat dengan harapan konsumen tentang keputusan pembelian

minuman kemasan Teh Botol Sosro. Hal ini dapat diartikan harapan dari keputusan

konsumen masih ada yang belum tercapai, sehingga masih perlu ada upaya yang

lebih dari produsen untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap

minuman kemasan Teh botol Sosro.

KESIMPULAN

Dari hasil pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu,

1. Ada pengaruh yang signifikan dari motivasi, persepsi, sikap dan pembelajaran

konsumen terhadap keputusan pembelian minuman kemasan merek Teh Botol Sosro di Kawasan Depok.

2. Ada perbedaan yang nyata antara pendapat dan harapan konsumen tentang

keputusan pembelian. Artinya apa yang telah konsumen nikmati saat ini masih ada

jarak dengan kondisi yang konsumen harapkan, dan ini menjadi pekerjaan rumah

bagi produsen untuk memenuhi harapan dari konsumen.

SARAN

Bagi pengusaha atau produsen minuman merek Teh Botol Sosro harus selalu

memperhatikan perilaku konsumen yang setiap saat akan berubah-ubah. Untuk

mempertahankan posisi di pasar, harus selalu melakukan market research terhadap produk

pesaing yang beredar di pasar dan harga yang ada. Menurut Muhammad (2004) dalam

mengantisipasi kondisi pasar dapat menggunakan growth strategy yaitu mengembangkan

pasar yang telah dimiliki jika pangsa pasar yang ada masih luas. Hal yang harus mejadi

perhatian adalah kepuasan konsumen pada pasca pengambilan keputusan untuk membeli

produk yang kita tawarkan.

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi revisi. Bandung: CV

Alfabeta. 2002.

Aritonang R, Lerbin R. Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2005.

Djarwanto, 1999, Statistik Nonparametrik, BPFE Yogyakarta.

Bhuono A.N. 2005 Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS.

Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Handoko, Hani, 2001, Manajemn Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi Ketujuh,

Yoyakarta, Penerbit BPFE.

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and

Control, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, Philip, Amstrong, Garry 1996, Priciple of Marketing, Ninth Edition, Prentice Hall, Inc Upper Saddle River, New Jersey.

________ , 2003, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan PT Indeks, Kelompok

Gramedia.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium 2. Jakarta: Prenhalindo.2002.

___________, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Control. Jakarta: PT. Prenhallindo. 1997

Sanjaya, S. P, 2007, Pengaruh Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan

Pembelian.

Mobil Daihatzu Xenia, UWM Surabaya. Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk, 2000, Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, edisi ketiga, Yogyakarta, BPFE, Yogyakarta.

Singgih Santoso. 2004 Buku latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : PT Alex Media

Komputindo

Supranto, J. M.A. Teknik Sampling untuk survey dan eksperimen. Jakarta : PT Rineka

Cipta. 2006.

Solomon, Micahel R, Bamossy dan Elnora W, Askrgaard, 2002, Marketing Real People

Real Choice, 2rd Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Swasta, Basu dan Handoko, T.Hani, 2000, Manajemen Permasaran Analisis Perilaku

Konsumen, edisi kedua Liberty, Yogyakarta.

Sanjaya, 2007, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemakaian Jasa Warnet Di Kota Jember, http://puslit.petra.ac.id/journals/marketing

Wahyuni, D.,2008, Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat,

http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=MAN