Kamis, 27 Mei 2010

PERANAN MAHASISWA DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT AMAN DAN NYAMAN SERTA MAMPU MENGANTISIPASI DARI PENGARUH-PENGARUH NEGATIF DEMI KELANGSUNGAN HIDUP BANGSA

Nama : Husnia Alfaini
Kelas : 2EA10
NPM : 10208600
Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan


Peranan mahasiswa dalam mewujudkan masyarakat aman dan nyaman serta mampu mengantisipasi dari pengaruh-pengaruh negatif demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia sebagai bangsa yang punya jati diri luhur :

1.Tetap berpegang pada ideology Pancasila sebagai kebulatan ajaran, pandangan, hidup bangsa serta satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat ,berbangsa, dan bernegara dan UUD 1945 serta bersikap hati-hati dalam memilih dan memilah-milah kekuatan dan pengaruh asing tersebut.
2.Menumbuh-kembangan pola pikir, pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam mewujudkan nilai-nilai pancasila.
3.Sebagai mahasiswa harus memiliki penempatan diri dalam menyelaraskan dalam bagaimana hidup berbangsa dan bernegara
4.Jadikan diri kita sebagai contoh yang baik untuk semua, percayalah bahwa sesuatu yang baik akan menyebar dan menularkan kebaikanya pada orang lain.
5.Terciptanya harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan demikian bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang memilki kepribadian yang kuat dan tidak mudah larut atau terpengaruh oleh berbagai pengaruh atau faham yang bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia sendiri. Untuk itu bangsa Indonesia harus senantiasa mawas diri dan olah budi dalam menghadapi dan mengatasi segala bentuk ancaman, hambatan dan gangguan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar