Minggu, 21 November 2010

Jurnal Metode Riset

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SARUNG DI KAWASAN BEKASI BARAT

BAB 1

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor pendidikan secara bersamaan konsumen bersama dengan, kualitas harga distribusi, dan promosi sarung terhadap perilaku konsumen dalam pembelian sarung, dan untuk mengidentifikasi faktor apa yang berpengaruh dominan pada perilaku konsumen dalam pembelian sarung di Bekasi Barat.

Setelah pemeriksaan 200 responden dengan menggunakan metode regresi linier, studi ini menemukan bahwa:

(1) Fhitung value adalah 34.677 artinya lebih besar dari Ftabel (2.14). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan berbarengan faktor pendidikan konsumen seiring dengan harga, kualitas, distribusi, dan promosi sarung terhadap perilaku konsumen dalam pembelian sarung di Bekasi Barat. Dengan demikian, hipotesis pertama diterima.

(2) Diantara variabel independen yang dikaji, harga memiliki pengaruh yang dominan dan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian sarung. Dengan demikian, hipotesis kedua diterima.

(3) Dilihat dari pengaruh faktor individu terhadap perilaku konsumen dalam pembelian sarung, maka:

(a) Harga mempunyai pengaruh yang signifikan dari 12,15% pada pembelian

sarung.

(b) Pendidikan dan penghasilan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap

pembelian sarung.

(c) Kualitas, distribusi, dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan tetapi

sedikit pada pembelian sarung.

Temuan menunjukkan harga yang memiliki efek sangat signifikan. Oleh karena itu, perusahaan harus bawa ke account terlebih dahulu karena ada terjadi persaingan yang ketat di antara produsen sarung. Selain itu, temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan lebih memperhatikan.

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Minat beli, faktor yang dipertimbangkan, konsumen sarung.

PENDAHULUAN

Perkembangan bidang industri yang semakin pesat terutama di Bekasi Barat, akan membawa dampak yang cukup komplek bagi lingkungan perusahaan sendiri, maupun lingkungan sekitarnya, di antaranya adalah masalah kualitas.

Dari kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi sarung. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk. Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.

Menurut Essael (1987: 11) ada tiga faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen yaitu: (1) faktor individual konsumen yang meliputi pendidikan dan penghasilan konsumen; (2) pengaruh lingkungan; (3) strategi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan variabel yang dapat dikontrol oleh pemasar dalam usaha memberi informasi dan mempengaruhi konsumen. Variabel ini adalah produk, harga, distribusi dan promosi.

Perubahan sosial ekonomi mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli, baik untuk kebutuhan primer maupun sekunder. Perubahan sosial ekonomi meliputi pendapatan dan tingkat pendidikan yang merupakan karakteristik pembeli. Terdapat korelasi langsung antara tingkat pendidikan, pendapatan dan kemampuan membeli seseorang. Pendidikan secara langsung berkaitan dengan kemampuan membeli karena terdapat korelasi yang kuat antara pendidikan dan pendapatan. Pendidikan mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan, konsumen yang pendidikannya tinggi mempunyai pandangan yang berbeda terhadap alternatif merk dan harga dibandingkan dengan konsumen berpendidikan yang lebih rendah.

Untuk melakukan pembelian, konsumen tidak terlepas dari karakteristik produk baik mengenai penampilan, gaya, mutu dan harga dari produk tersebut. Penetapan harga oleh penjual akan berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen, sebab harga yang dapat dijangkau oleh konsumen akan cenderung membuat konsumen melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

Karakteristik penjual akan mempengaruhi keputusan membeli. Dalam hal ini konsumen akan menilai mengenai penjual, baik mengenai pelayanan, mudahnya memperoleh produk dan sikap ramah dari penjual.

Apabila manajer telah memiliki informasi sejauh mana variabel-variabel perilaku tersebut berpengaruh terhadap pembelian, maka manajer dapat memilih bauran pemasaran yang tepat. Perusahaan saat ini berupaya untuk mrngembangkan berbagai variabel bauran pemasaran.

Pertama: dari segi produk manajer terus- menerus mencari dan mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Kedua: dari segi harga, manajer berusaha menentukan harga yang bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Ketiga: dari segi distribusi, manajer memberikan pelayanan sebaik mungkin, sehingga mudah diperoleh konsumen.

Keempat: dari segi promosi, manajer bisa menyampaikan informasi melalui iklan maupun promosi penjualan.

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan, pentingnya analisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan membeli dari suatu produk tertentu. Untuk dapat mengantisipasi pesatnya persaingan yang dihadapi perusahaan sarung di Bekasi Barat agar dapat mempertahankan eksistensinya, maka dipandang perlu diadakan penelitian sejauh mana faktor-faktor perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian sarung tersebut.

MASALAH PENELITIAN

Sebelum memutuskan untuk membeli konsumen menilai faktor-faktor atribut produk sarung yang layak dibeli. Jika faktor-faktor tersebut diketahui secara tepat maka produsen dapat membuat produk sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Yang menjadi permasalahan adalah seberapa besar tingkat kepentingan faktor-faktor yang menimbulkan kecenderungan minat beli konsumen.

Tiap-tiap faktor terdiri dari beberapa variabel yang dapat dieksplor untuk mengetahui

persepsi konsumen dalam memilih produknya.

Dari uraian latar belakang, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Apakah faktor-faktor individual consumer yang terdiri dari pendidikan, penghasilan dan faktor-faktor marketing strategies yang terdiri dari harga, kualitas, distribusi dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian sarung di Bekasi Barat; (2) Di antara faktor-faktor tersebut di atas, faktor mana yang mempunyai pengaruh dominan dalam pembelian sarung di Bekasi Barat.

TUJUAN PENELITIAN

Secara umum, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kecenderungan perilaku

konsumen dalam memilih produk. Secara khusus yang menjadi tujuan penelitian, yaitu:

1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kecenderungan minat beli konsumen dalam memilih produk,

2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan yang menimbulkan kecenderungan minat beli konsumen dalam memilih produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar